Cara Praktis dan Mudah Membuat Pancake

Pancake atau yang bisa disebut dengan kue dadar adalah kue yang terbuat dari campuran susu, tepung terigu, telur, dan gula. Dari segi tekstur dan rasa, pancake tidaklah berbeda jauh dengan martabak, hanya saja ukurannya lebih tipis dari martabak. Pancake cocok disantap untuk sarapan, bisa juga untuk camilan, sesuai dengan selera Anda. Anak – anak sangat meenyukai kue yang satu ini, jadi saat buah hati Anda tidak nafsu makan saat sarapan, pancake bisa menjadi pilihan untuk membangkitkan nafsu makan si kecil. resep kue lumpur
Tidak hanya anak-anak, sebenarnya para remaja dan orang dewasa pun menyukai pancake. Selain praktis disantap serta mengenyangkan, pancake bisa dipadukan dengan berbagai toping. Mulai dari topping berupa selai, buah-buahan, daging cincang, coklat, keju, hingga telur ceplok. Cara membuat pancake pun terbilang mudah. Penasaran? Mari kita simak cara praktis dan mudah membuat pancake:

resep pancake mudah dan praktis
Pancake

Bahan - bahan Membuat Pancake

•    100 gram tepung terigu
•    1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
•    Garam secukupnya
•    250 ml susu cair
•    Sedikit margarin untuk olesan
•    Topping sesuai selera

Bahan-bahan membuat pancake sangat mudah didapatkan, bahkan di toko kelontong pun semua bahan di atas banyak tersedia. Ok, langsung saja kita menuju ke proses pembuatannya :

Cara Membuat Pancake

1. campur dengan rata dan aduk tepung terigu, kuning telur, garam dan susu dengan ballon whisk sampai tercampur merata atau bisa juga mencampurnya menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah
2. kocoklah putih telur sampai kaku. Mengocok telurnya bisa menggunakan garpu maupun ballon whisk.
3. masukkanlah adonan tepung pada step pertama ke dalam adonan putih telur yang telah kaku, kemudian aduk rata. Dalam mencampur adonan tepung dengan putih telur, lakukan secara perlahan agar tidak ada putih telur yang menggumpal.
4. panaskan teflon yang berdiameter paling kecil (yang biasa digunakan untuk membuat telur mata sapi), jangan lupa oles dengan margarine dan kecilkan api. Tetapi jika Anda menginginkan pancake ukuran besar, Anda dapat menggunakan Teflon yang lebih besar pula.
5. tuangkan adonan sekitar 2 ½ sendok sayur lalu tutup sebentar
6. balik jika adonan sudah muncul sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya.

Untuk pemberian topping, anda dapat langsung mengoleskan atau meletakkannya di atas pancake. Atau jika Anda menginginkan pancake yang lebih cantik, Anda bisa membuat 3 topping yang berbeda dalam 3 tumpuk pancake. Lapisan pertama berisi buah strawberry dan butter cream, lapisan kedua adalah coklat, dan lapisan ketiganya es krim. Pancake cocok dihidangkan bersama the hangat, kopi, ataupun susu. Mudah dan praktis bukan? Selamat mencoba!

@templatesyard